4 Perbedaan Zoom Webinar dan Zoom Meeting

Pasti tidak asing lagi dengan aplikasi Zoom yang naik daun ketika pandemi. Meeting dan acara webinar yang awalnya offline beralih ke online menggunakan zoom. Untuk meeting menggunakan Zoom Meeting, sedangkan untuk webinar menggunakan Zoom Webinar atau yang juga disebut Zoom Event. Tapi tau ga sih sih perbedaan zoom webinar dan zoom meeting itu? 

Seperti yang kita tahu bahwa meeting bisa dilakukan lewat zoom, ada interaksi dan bisa melihat peserta lain. Apakah Anda juga pernah mengikuti webinar online dan peserta lainnya tidak terlihat di layar laptop Anda? Agar tidak bingung, kita bahas perbedaan dari keduanya.

Perbedaan Zoom Webinar dan Zoom Meeting

1. Kapasitas Partisipan

Zoom meeting tidak ada minimum partisipan atau peserta yang bisa masuk room (ruang). Memiliki jumlah maksimum peserta mulai dari 300 hingga 500 peserta, tergantung dari lisensi yang Anda beli. 

zoom webinar post 1
Perbedaan Zoom Webinar dan Zoom Meeting dari sisi Kapasitas

Zoom webinar tidak memiliki jumlah minimum partisipan dan tersedia tanpa maksimal partisipan (unlimited). Jadi, bisa digunakan untuk seminar besar dengan jumlah peserta yang banyak.

2. Interaksi

Peserta zoom tetap bisa interaksi secara online dengan peserta lain, tetapi ada perbedaan untuk dua tipe zoom ini. Zoom meeting bisa melakukan interaksi dua arah, yaitu peserta dengan panelis atau peserta dengan peserta lain. 

Bisa dikatakan bahwa zoom meeting tidak ada batasan interaksi atau komunikasi terbuka kapanpun, sehingga feedback bisa dilakukan secara langsung. 

Zoom webinar biasanya menggunakan sistem satu arah, yaitu peserta memiliki keterbatasan untuk interaksi dengan panelis ataupun peserta lain. Apabila Anda ingin berinteraksi dengan panelis, maka memerlukan izin host. 

Host akan menggunakan fitur-fitur tertentu untuk mengizinkan peserta berinteraksi.

3. Fitur

Zoom meeting bisa menggunakan fitur yang tersedia di zoom, seperti mic, mute/unmute, open camp, reaction, dan comment. Pasti Anda tidak asing lagi dengan tools-tools tersebut. 

fitur Zoom Webinar dan Zoom Meeting
Perbedan Zoom Webinar dan Zoom Meeting dari sisi fitur

Fitur yang ada dalam zoom meeting juga lebih lengkap untuk peserta, seperti attendance. Peserta lain bisa melihat siapa yang datang terlambat, sehingga lebih terbuka. 

Sedangkan Zoom webinar, peserta hanya bisa menggunakan fitur chat dan QnA untuk berinteraksi dengan panelis. Fitur chat bisa Anda gunakan setiap saat untuk memberikan tanggapan atau jawaban apabila panelis mengajukan pertanyaan. 

Fitur QnA bisa Anda gunakan apabila ingin mengajukan pertanyaan kepada panelis atau pembicara. Meskipun demikian, interaksi langsung dengan on mic bisa Anda lakukan apabila host telah mengizinkannya. 

4. Izin Peserta

Zoom meeting memiliki izin persetujuan yang nantinya host akan menerima atau peserta yang sudah berada di dalam room. Anda perlu menunggu untuk mendapatkan persetujuan ketika masuk dalam zoom meeting

Zoom webinar tidak perlu mendapatkan persetujuan dari host atau peserta di dalam. Anda langsung bisa masuk ke dalam room ketika mengklik undangan atau link. Jadi, Anda tidak perlu menunggu persetujuan dari host. 

Bagaimana? Apakah masih bingung dengan dua perbedaan aplikasi zoom yang saat ini bahkan hampir digunakan oleh masyarakat. Perbedaan tersebut sudah bisa Anda kenali ketika awal kali masuk dalam ruang diskusi. 

Penggunaan zoom meeting dengan webinar juga bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Apabila untuk kapasitas besar sebaiknya gunakan zoom webinar untuk mengantisipasi kericuhan selama acara.

Apabila Anda hanya ingin menggunakannya untuk jumlah peserta sedikit, bisa dengan zoom meeting karena bisa langsung melakukan interaksi. Penting untuk mengetahui perbedaan zoom webinar dan zoom meeting agar target dan tujuan kegiatan virtual Anda sesuai dengan yang Anda harapkan.

Upgrade Zoom Premium

Setelah Anda mengetahui perbedaan Zoom Webinar dan Zoom Meeting, Anda sudah bisa menentukan apakah Anda membutuhkan Zoom meeting atau Zoom webinar. Untuk bisa menggunakan salah satu atau keduanya dengan jumlah peserta yang lebih besar Anda harus upgrade akun Zoom Anda.

Anda tak perlu bingung cara upgradenya. Payor menyediakan jasa bayar zoom tanpa kartu kredit. Kami menggunakan Paypal yang terverifikasi. Tentunya, sumber saldo Paypal kami dari pekerjaan yang halal. Hubungi customer service Payor untuk upgrade Zoom premium Anda tanpa kartu kredit.