Apa Itu Aplikasi Patreon dan Bagaimana Cara Kerjanya

Ditulis : Feber

Diperbaharui: 29 Feb, 2024

Apa Itu Aplikasi Patreon.com – Ada sebuah pepatah yang unik dari salah satu sutradara terkenal asal Amerika Serikat. Kutipannya seperti ini :

Movies are my religion and God is my patron. I’m lucky enough to be in the position where I don’t make movies to pay for my pool. When I make a movie, I want it to be everything to me; like I would die for it.

Quentin Tarantino

Di dalam kalimat yang berformat bold di atas, ada kata patron, yang memiliki makna sebagai pelindung. Bisa juga berarti pendukung. Kata patron inilah yang menjadi esensi munculnya Patreon. Jadi arti patreon adalah

Gagasan atau Konsep Dasar Patreon

Patreon adalah sebuah platform online yang mengadopsi gaya patron of art atau patron seni di zaman dulu. Bahkan sampai sekarang pun masih ada yang melakukan konsep ini, meski sudah jarang sekali.

Patron adalah seseorang yang memberikan donasi kepada seorang seniman untuk menciptakan karya seni, supaya dia bisa menikmati karya seni itu. Bahkan kadang – kadang terjadi pertukaran, dimana sang patron mendapatkan karya seni pilihan dari sang seniman.

konsep patreon
Patrons sedang mencari karya seni bernilai tinggi

Cara kerja patron dan Patreon.com hampir sama. Perbedaannya, dalam Patreon.com sistem yang digunakan adalah semacam crowdfunding. Seorang seniman atau creator tidak perlu mencari satu orang dengan budget besar untuk mendanai/membeli karya yang dia buat. Tapi seniman maupun creator dapat mencari banyak patron secara online dengan budget atau donasi yang kecil.

Misalnya, daripada mencari satu penyumbang $1000, Patreon.com membantu creator menemukan 1000 penyandang dana atau donatur yang menyumbang $1.

Pernah dengan Kickstarter atau Indiegogo? Ya mirip – miriplah. Model bisnis patreon hampir sama dengan keduanya. Sama-sama sebagai platform donasi online. Bedanya kalau di Kickstarter dan Indiegogo, supporter menyumbang untuk sebuah project. Sedangkan di Patreon.com, pendukung atau penyumbang memberikan dana secara rutin, langsung kepada creator atau seniman atas karya mereka. Atau disebut juga dengan sistem berlangganan konten. Sehingga para pencipta karya ini bisa berkarya terus, karena model pendanaan kreatif yang didapatkan bisa menjadi penghasilan bulanan.

Bagaimana Cara Kerja Patreon

cara kerja patreon
Keanggotaan di Patreon.com

Patreon.com didirikan oleh Jack Conte dan Sam Yam pada tahun 2013, untuk mengakomodir pencipta karya (creator), dan penikmat karya (patron). Jadi di dalam Patreon.com ada dua kelompok anggota yaitu creators dan patrons.

Patreon.com menjadi sebuah platform agar creator mendapatkan bayaran atas hasil karya mereka (komik, video, lagu, puisi, novel, dan lain – lain). Sedangkan bagi patrons, mereka dapat menikmati karya dari seniman favorit mereka dalam satu komunitas secara berkelanjutan dengan cara berlangganan. Sehingga, ketika ada karya baru dari sang artis, para patrons yang berlangganan langsung dapat menikmati karyanya.

Biaya Pendaftaran Patreon

Creator tidak membutuhkan biaya pendaftaran di Patreon, alias gratis. Tapi, untuk bisa menggunakan semua fasilitas pendukung bagi creator, Patreon mengenakan biaya dalam bentuk fee (potongan) kepada para creator, seperti tabel di bawah ini.

aplikasi patreon
Tiga tingkatan fee untuk creators di Patreon.com

Creators membayar kepada Patreon.com dalam bentuk potongan yang bervariasi, yaitu 5% (Lite), 8% (Pro), dan 12% (Premium). Semakin tinggi potongannya, semakin lengkap fasilitas yang didapatkan.

Untuk para patrons, harganya terserah creators. Tidak sedikit creator yang memberikan akses ekslusif untuk hasil karya mereka dengan keanggotaan bertingkat (membership tiers). Contohnya seperti di bawah ini.

cara membayar patreon
Keanggotaan berjenjang dalam salah satu komunitas di Patreon.com

Cara Membayar Patreon Tanpa Kartu Kredit

Apabila ingin menikmati hasil karya para artis atau seniman favorit Anda, atau bergabung dengan sebuah komunitas eksklusif, atau belajar dari mentor idola, Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya yang nominalnya bervariasi. Umumnya, pembayaran di aplikasi Patreon harus punya kartu kredit dan akun Paypal. Cara berlangganan patreon dengan Paypal adalah pilihan cerdas karena lebih aman.

Cara membayar patreon tanpa kartu kredit adalah menggunakan jasa bayar paypal terbaik, yaitu Payor. Membayar membership di aplikasi Patreon adalah rutinitas kami setiap hari. Anda tak perlu memiliki Paypal, tak perlu memiliki kartu kredit, dan tak perlu repot tentunya. Membayar membership Patreon adalah pekerjaan kami setiap harinya. Hubungi customer service Payor agar Anda dapat langsung menikmat karya seniman favorit Anda di Patreon.com.

Kesimpulan tentang aplikasi Patreon

Patreon adalah sebuah platform revolusioner yang membuka jalan baru bagi kreator untuk mendapatkan dukungan finansial secara langsung dari para penggemar mereka. Melalui sistem berlangganan, Patreon memungkinkan para penggemar memberikan dukungan berkelanjutan kepada kreator favorit mereka, yang pada gilirannya memberikan konten eksklusif atau pengalaman khusus sebagai bentuk apresiasi.

Dengan demikian, apa itu Patreon tidak hanya sekedar platform pendanaan, tetapi juga sebuah komunitas yang menghubungkan kreator dengan penggemar, memperkuat ikatan di antara mereka, dan membuka peluang bagi kreator untuk berkembang dan terus menghasilkan karya. Di era digital yang terus berkembang, Patreon berperan penting dalam mendukung keberlangsungan kreativitas dan inovasi.

Q n A tentang aplikasi Patreon

1. Aplikasi Patreon buat apa?

Aplikasi Patreon adalah platform yang memungkinkan kreator konten mendapatkan dukungan finansial langsung dari penggemar mereka melalui sistem berlangganan, memfasilitasi kreator untuk terus berkarya dengan dukungan yang lebih stabil dan berkelanjutan.

2. Berapa potongan Patreon?

Patreon mengambil potongan sekitar 5% hingga 12% dari total pendapatan yang diterima kreator, tergantung pada paket langganan yang dipilih kreator. Selain itu, ada biaya transaksi yang berkisar antara 2.9% + 30 sen hingga 5% + 10 sen untuk setiap pembayaran, tergantung pada lokasi dan mata uang. Ini berarti, sebagian besar pendapatan yang diterima kreator berasal langsung dari dukungan para penggemar, dengan Patreon hanya mengambil sebagian kecil sebagai biaya operasional dan layanan.

Update – Siklus Pembayaran di Patreon

Sebagai informasi untuk Anda, siklus pembayaran di Patreon tidak seperti pembayaran di website – website lainnya. Kalau di website lain mayoritas siklus membership Anda berlaku mulai dari tanggal pembayaran Anda. Namun berbeda di Pateron. Anda akan ditagih tanggal 1 setiap bulannya. Jadi renew membership Anda terhitung mulai tanggal 1 setiap bulan. Sekalipun Anda mendaftar di akhir bulan, tanggal 1 setiap bulannya Anda akan ditagih invoice baru.

Related Articles

Artikel Lainnya

pengertian donasi paypal

Pengertian Donasi PayPal dan Cara Kerja Paypal.me

Dalam era digital saat ini, donasi online berperan penting sebagai jembatan ketulusan untuk membantu sesama. Penyumbang dan penerima bantuan keuangan bertemu dalam ruang maya yang didukung oleh platform pembayaran yang aman dan terpercaya. Salah satu metode yang...

ulasan jotform logo

Ulasan Jotform: Kelebihan, Kekurangan, dan Alternatif

Berkembangnya teknologi membawa revolusi dalam pengumpulan data melalui pembuat formulir online, dan Jotform telah menjadi salah satu alat yang terdepan dalam hal ini. Dengan antarmuka yang ramah pengguna, Jotform menyediakan berbagai solusi untuk memenuhi...

logo weverse shop

Ulasan Weverse Shop: Surga Merchandise K-Pop Resmi

Mencari merchandise resmi K-Pop tentunya menciptakan kegembiraan tersendiri bagi para penggemar. Weverse Shop hadir sebagai solusi bagi Anda yang ingin beli merchandise K-Pop online dengan aman dan mudah. Sebagai salah satu platform e-commerce yang terpercaya,...

codecademy gratis vs pro

Codecademy Pro vs Codecademy Gratis: Mana Pilihanmu?

Dunia digital yang terus berkembang menuntut keahlian pemrograman yang handal, membuat belajar koding online menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Codecademy, salah satu platform pembelajaran coding terdepan yang menyediakan dua jalur untuk menunjang...

clevguard thumbnail

Ulasan Clevguard Premium: Lindungi Keluarga Anda

Dalam dunia yang semakin terhubung secara online, berbagai risiko keamanan digital mengintai di setiap sudut aktivitas internet kita. Khususnya bagi anak-anak, yang mungkin belum sepenuhnya menyadari konsekuensi kegiatan mereka di dunia maya. Oleh karenanya, ulasan...

featured image cara transfer paypal 2

Cara Transfer Paypal ke Dana, Gopay, dan OVO

Pernahkah kamu menerima pembayaran dari luar negeri melalui Paypal? Paypal telah menjadi platform pembayaran online global yang tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga aman. Di Indonesia, dompet digital seperti Dana, Gopay, dan OVO menjadi pilihan populer karena...

Cara Mengurus Visa Luar Negeri

Panduan Lengkap Mengurus Visa Luar Negeri

Ketika rencana perjalanan memanggil, pengetahuan tentang prosedur pengajuan visa menjadi syarat utama yang harus dipersiapkan. Sebagai warga negara Indonesia, mengerti cara mendapatkan visa luar negeri adalah langkah yang tidak bisa dilewatkan untuk memastikan...

Cara Transfer Saldo Paypal

Cara Transfer Saldo Paypal Ke Akun Paypal Lainnya

Selamat datang di artikel kami yang akan membahas cara transfer saldo Paypal ke akun Paypal lainnya. Dalam era digital ini, Paypal telah menjadi salah satu platform pembayaran online terkemuka yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dengan menggunakan...

Casetify logo

Review Lengkap Casetify: 7 Kelebihan dan 7 Kekurangan

Review Lengkap Casetify - Casetify merupakan brand aksesoris Internasional yang sangat populer dan memiliki dua kantor pusat yang berada di Hongkong serta Los Angeles. Kualitas aksesoris Casetify sangat baik hingga semua pengguna smartphone di seluruh dunia sangat...

Layanan Payor.id

jual saldo paypal
jasa pembayaran
upgrade zoom pro
/** * Convert Rank Math FAQ Block Into Accordion */ function turn_rm_faq_to_accordion() { ?>
0 Comments

0 Comments