Apa itu Paypal: Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakan

Ditulis : Feber

18 Dec 2017

Ingin melakukan transaksi keuangan digital dalam skala global? Paypal adalah salah satu alternatif paling superior dengan segala fiturnya. Memangnya, apa itu Paypal dan apa saja fungsi, kelebihan dan kekurangannya, serta tempat jual saldo paypal terbaik ? Cari tahu seluk beluknya secara lengkap di sini!

Platform Dompet Digital Skala Global

apa itu paypal
sumber: Newsroom

Konsisten berkiprah di bidang keuangan digital sejak tahun 1998, Paypal adalah salah satu platform untuk melakukan transaksi keuangan secara online paling reliable dengan pengguna terbanyak di dunia.

Faktanya, melansir dari website resminya [1], hingga akhir kuartal 2021, terdata ada lebih dari 426 juta pengguna aktif dengan total transaksi 1.25 triliun USD. Jumlah yang fantastis ini tentu tak bikin heran mengingat kemudahan penggunaan platform yang satu ini.

Apabila ditarik mundur, Anda akan menemukan fakta bahwa platform ini berdiri di tahun 1998 dengan nama Confinity[2]. Setahun setelahnya, Paypal menjadi alternatif untuk transaksi keuangan melalui e-mail.

Mulai merentangkan sayap di marketplace sebagai opsi pembayaran oleh para buyer. eBay adalah website pertama yang menjadikan Paypal sebagai penyedia jasa pembayaran resmi. Kini, eBay telah menjadi milik Paypal.

Nah, berangkat dari situ, bisnis ini mulai berkembang lebih luas lagi dan senantiasa mengikuti perkembangan teknologi hingga menjadi penyedia jasa yang Anda kenal saat ini. Faktanya, bahkan sekarang Paypal mulai memperkenalkan Checkout with Crypto, lho!

Apa Saja Fungsi Paypal?

Fungsi utamanya adalah sebagai sistem yang menjembatani pembayaran maupun penerimaan uang secara online Anda supaya berjalan lancar.

Nah, platform ini menjadi pihak perantara antara rekening bank, kartu kredit, maupun kartu debit yang Anda miliki dengan stores tempat Anda ingin melakukan pembayaran. 

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengisi data mengenai rekening bank, kartu kredit, maupun kartu debit yang Anda minati untuk dihubungkan ke akun Anda. Selain itu, Anda pun dapat membuatnya menjadi opsi pembayaran default.

Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat yakin bahwa informasi pembayaran yang Anda lakukan berlangsung secara aman.

Selain itu, platform ini pun dapat menjadi opsi wadah untuk mengirim, menerima,  maupun menyimpan uang dari teman, keluarga, dan orang lain. Anda dapat mengisi ulang saldo kapanpun dan saldo yang Anda miliki di akun Paypal Anda dapat digunakan ketika ingin membayar sesuatu,

Apabila Anda bergerak di bidang bisnis, alih-alih membuat akun pribadi, Anda dapat membuat akun bisnis. Akun bisnis memiliki kelebihan yang tak dimiliki akun pribadi biasa, misalnya Instant Transfer, business funding, automatically detected fraud, dan lain sebagainya.Secara keseluruhan, platform ini merupakan pilihan yang praktis dan efisien untuk melakukan transaksi keuangan online.

Cara Bikin Akun Paypal

cara bikin paypal
sumber: Pixabay

Ada dua cara berbeda untuk daftar Paypal, yaitu membuat Akun Personal dan Akun Bisnis. Ikuti langkah-langkah mudah berikut ini. Simak selengkapnya!

Akun Personal

Akun ini bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi yang bersifat pribadi. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke laman resmi Paypal[3].
  2. Klik tombol “Sign Up” dan pilih “Personal Account”.
  3. Tambahkan nomor telepon Anda untuk menerima kode keamanan.
  4. Apabila telah menerima kode keamanannya, lanjut masukkan data Nama, alamat e-mail, sekaligus kata sandi.
  5. Selanjutnya, klik opsi setuju tentang Kebijakan Privasi Paypal.
  6. Lalu, tambahkan informasi kartu kredit termasuk 16 nomor kartu kredit, masa berlaku, sekaligus CVC/CVV untuk dihubungkan ke akun Anda. Selesai!

Akun Bisnis

Jenis akun yang satu ini lebih cocok untuk Anda yang menggunakannya untuk keperluan bisnis, misalnya untuk toko online. Ini dia cara membuatnya:

  1. Masuk ke laman resmi Paypal.
  2. Klik tombol “Sign Up” dan pilih “Business Account”.
  3. Masukkan alamat e-mail bisnis Anda.
  4. Tambahkan informasi dasar tentang bisnis Anda, mencakup nama pemilik bisnis, nama dan alamat bisnis, alamat e-mail bisnis, sekaligus layanan pelanggan bisnis. Jika sudah, klik “Agree and Create Account”.
  5. Pilih jenis bisnis yang Anda miliki.
  6. Tambahkan informasi personal Anda sebagai pemegang akun bisnis tersebut. Lalu, klik “Submit”.
  7. Verifikasi akun melalui e-mail yang terkirim di alamat e-mail yang sudah Anda input.
  8. Lalu, masukkan data akun kartu kredit bisnis Anda. tunggu hingga 3-5 hari kerja untuk dapat menggunakan akun bisnis ini. selesai!

Cara Mudah Kirim Uang Lewat Paypal

cara kirim uang pakai paypal
sumber : Twitter

Gampang dan anti ribet, Anda cukup memasukkan alamat e-mail atau nomor ponsel penerima! Simak cara menggunakan Paypal selengkapnya berikut ini.

  1. Pergi ke laman resmi atau akses aplikasi Paypal melalui ponselmu.
  2. Klik “Send & Request” dan pilih satu di antara 3 opsi pembayaran, yaitu “Pay for goods and services”, “Send to friends and family in the US”, atau “Send to friends and family internationally”.
  3. Masukkan alamat e-mail atau nomor ponsel penerima.
  4. Isi nominal uang yang ingin Anda transfer lalu klik “Continue”.
  5. Tinjau ulang dan konfirmasi informasi pembayaran lalu klik “Send Money Now”. Selesai!

Bagaimana, mudah sekali, kan? Ingat agar selalu meninjau ulang seluruh informasi pembayaran guna menghindari kesalahan transaksi. Hal ini penting karena seluruh transaksi yang telah terjadi tak dapat dikembalikan maupun dibatalkan.

Keuntungan Menggunakan Paypal

keuntungan paypal
sumber: Finansial advisor

Ada beberapa keuntungan utama yang bisa Anda peroleh saat memilih Paypal jadi platform transaksi keuangan, misalnya:

Mudah dan Praktis

Saat ini, Paypal menduduki salah satu peringkat teratas sebagai platform yang dipilih orang-orang untuk melakukan transaksi keuangan, mengikuti Visa, American Express, Mastercard, dan Discover. 

Faktanya, sebuah studi menunjukkan bahwa 54% pembeli memilih toko online yang menyediakan Paypal sebagai metode pembayarannya[4].

Fakta ini didukung oleh data tambahan yang menunjukkan bahwa 59% pengguna Paypal membatalkan transaksi saat mengetahui bahwa suatu toko online tak menyediakan Paypal sebagai metode pembayaran.

Transaksi Aman

Ketika Anda memilih metode pembayaran dengan kartu kredit ataupun debit, merchants bisa saja punya akses kepada informasi pembayaran yang Anda lakukan secara online tersebut.

Nah, di sinilah peran Paypal yang menawarkan metode pembayaran aman menjadi penting. Platform ini memastikan bahwa merchants tak akan bisa melihat data pembayaran Anda.

Selain itu, Paypal juga memiliki sistem keamanan ekstra meliputi data enkripsi end-to-end, autentikasi dua faktor, serta konfirmasi e-mail selama melakukan transaksi.Dengan begitu, Anda tak perlu ragu lagi akan keamanan data mengenai pembayaran online yang Anda lakukan.

Kelemahan Memakai Paypal

keamanan dan cara pakai
sumber : Observer

Jika Anda masih bertanya-tanya mengenai keamanannya, poin-poin di bawah ini mungkin bisa jadi pertimbangan. Selain keuntungan di atas, ternyata ada beberapa kerugian menggunakan Paypal, lho. Berikut beberapa di antaranya:

  • Akses terbatas
  • Rawan penipuan berkedok Paypal
  • Proses withdraw dan top up yang cukup lama
  • Fee yang cukup tinggi
  • Untuk wilayah Indonesia, opsi tautan akun Paypal dengan rekening bank maupun kartu debit masih belum tersedia untuk top up. Rekening bank hanya tersedia untuk withdraw saja.

Meski begitu, Anda tetap bisa menjadikan Paypal sebagai salah satu metode pembayaran pilihan asalkan tetap berhati-hati dan waspada selama menggunakannya.

3 Cara Top Up Saldo Paypal

cara top up saldo
sumber : Moneylifewax

Faktanya, saldo Paypal Indonesia hanya bisa di-top up dengan cara menerima saldo dari akun lainnya. Jika Anda ingin memiliki saldo di akun yang Anda miliki, maka Anda dapat memperolehnya dengan alternatif berikut ini. Simak selengkapnya:

1. Menerima Fee Hasil Kerja

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan tambahan saldo Paypal adalah dengan menjadi freelancer, affiliator, maupun pekerja fulltime di situs ataupun perusahaan yang menawarkan bayaran via Paypal.

Umumnya, situs atau perusahaan di luar negeri menjadikannya sebagai pilihan utama untuk membayar gaji/komisi kepada setiap freelancer maupun pegawai yang bekerja untuk perusahaan mereka.

2. Menerima Tansfer dari Akun Kenalan

Anda bisa meminta tolong teman, saudara, maupun kolega untuk mengirimkan saldo ke akun milik Anda. Cara ini adalah cara paling mudah untuk mendapatkan tambahan saldo. Anda tinggal memberikan e-mail ataupun nomor telepon yang terhubung ke akun Paypal Anda dan tunggu kiriman saldo dari kenalan masuk ke akun Anda.

3. Beli Saldo Paypal

Nah, apabila Anda sedang urgent dalam mengisi saldo dan tak mau menunggu pencairan komisi maupun kiriman dari kenalan, Anda bisa menggunakan jasa jual beli saldo Paypal. Umumnya, jasa seperti ini menyediakan proses yang cepat dengan biaya admin yang rendah. Salah satu jasa jual saldo yang paling recommended di Indonesia adalah PAYOR

Top Up Saldo Paypal Mudah dan Murah Hanya di PAYOR

beli saldo pp
CS yg ramah siap membantu Anda memahami apa itu Paypal

Ingin transaksi cepat dan aman ? Gunakan jasa PAYOR! PAYOR merupakan salah satu penyedia jasa top up Paypal Indonesia yang telah berkiprah selama lebih dari 10 tahun. 

PAYOR adalah penyedia jasa top up paypal yang berprinsip untuk senantiasa menyediakan jasa yang aman, murah, dan 100% halal agar konsumen selalu kembali mengingat PAYOR setiap ingin top up saldo.

Apa saja keunggulan menggunakan jasa PAYOR? Anda bisa mendapatkan fee super rendah dibandingkan dengan jasa jual beli lainnya. Selain itu, proses transaksi dapat selesai mulai dari dari 5 menit hingga 2 jam saja setelah Anda transfer.

Dengan seluruh proses yang serba kilat tersebut, Anda bisa memantau full prosesnya memakai kalkulator online PAYOR. Dengan begitu, serangkaian prosesnya jadi lebih transparan dan aman. Beli saldo Paypal Anda hanya di PAYOR.

Menariknya, Anda bahkan dapat memperoleh potongan fee apabila Anda telah menjadi pelanggan reguler jasa PAYOR. 

Cara untuk menggunakan jasa jual beli ini pun sangat mudah dan praktis. Pertama, Anda harus menghubungi customer service PAYOR melalui WhatsApp dan menerangkan jumlah saldo Paypal yang Anda butuhkan sekaligus alamat e-mail yang terhubung ke akun Paypal Anda.

Setelah itu, pihak PAYOR akan membuatkan invoice berisi total biaya yang harus Anda bayarkan sekaligus nomor rekening PAYOR. Lakukan pembayaran segera agar transaksinya dapat diproses oleh tim PAYOR secepatnya. 

Terakhir, Anda tinggal duduk manis menunggu saldo masuk ke akun milik Anda dengan durasi rata-rata 5-20 menit saja. Simple, efektif, dan efisien!

Payor Siap Membantu Anda

Setelah memahami apa itu paypal, Anda pasti lebih tenang dan bijaksana menggunakannya. Payor siap membantu Anda untuk mengenal Paypal lebih baik lagi.

Tunggu apa lagi? Segera hubungi CS PAYOR dan lakukan transaksi sekarang juga untuk proses yang secepat kilat!

Related Articles

0 Comments

0 Comments